Minggu, 22 Januari 2012

Meriahnya Perayaan Tahun Baru Naga di Kawasan Asia

Beijing - Berbagai perayaan menyambut datangnya Tahun Naga Air digelar di sejumlah negara di kawasan Asia. Puncak perayaan tahun baru di China sendiri berlangsung semalam dengan diwarnai pesta kembang api.

Mulai dari Malaysia, Singapura, hingga ke Korea Selatan, tercatat jutaan orang pulang kampung untuk bersua dengan keluarga mereka dan merayakan tahun baru bersama-sama. Liburan Imlek menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh warga etnis China.

Selain dimeriahkan oleh kembang api, perayaan tahun baru China di Beijing juga diwarnai oleh tarian barongsai. Warga berkumpul di tepi jalan untuk menyaksikan atraksi barongsai bersama-sama. Dan menjelang tengah malam saat pergantian tahun, langit kota Beijing pun dihiasi warna-warni kembang api. Pesta kembang api ini memiliki makna tersendiri, yakni untuk mengusir roh jahat di tahun yang baru.

Pada hari pertama di tahun Naga Air 2563, warga pun berbondong-bondong datang ke vihara ataupun pagoda untuk berdoa dan menyampaikan harapannya di tahun yang baru. Demikian seperti dilansir oleh AFP, Senin (23/1/2012).

Di Malaysia, tercatat sekitar 25 persen populasi adalah etnis China. Pada hari pertama tahun naga air, jalan kota Kuala Lumpur cenderung lengang. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang memilih mudik ke kampung halaman masing-masing.

Sedangkan di Korea Selatan, tercatat hampir setengah total populasinya, sekitar 31 juta orang, merayakan tahun baru China. Kebanyakan mereka memilih untuk pergi berlibur ke luar kota. Namun, pusat perbelanjaan di ibukota Seoul yang biasanya tenang, kini dipenuhi oleh puluhan ribu turis dari China yang sibuk berbelanja.

"Saya merasa seperti sedang berjalan di jalanan di China. Ada begitu banyak etnis China di sini," ujar salah seorang mahasiswa Korsel kepada AFP, Park Eun-Yong.

Di Filipina, hari pertama pada tahun naga menjadi hari libur nasional untuk pertama kalinya. Hal ini sempat mendapat kritikan dari para pelaku bisnis karena mereka tidak bisa beraktivitas. Pusat pertokoan di Manila pun banyak yang tidak beroperasi dan kebanyakan warga memilih berdiam di rumah.

Naga dinilai sebagai simbol yang paling dihormati dan dipercaya memberikan keberuntungan, di antara 12 simbol zodiak China lainnya. Naga melambangkan kekayaan, keberuntungan, dan juga kekuasaan.

Oleh sebab itu, banyak etnis China yang ingin melahirkan buah hatinya tepat pada jatuhnya tahun naga air ini. Sebagian besar rumah sakit di China maupun di sejumlah komunitas warga China bersiap untuk menghadapi melonjak angka kelahiran tahun ini. Dilaporkan, kamar-kamar yang ada di RS Bersalin Beijing telah penuh di-booking hingga Agustus mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar